bahagia atau sebaliknya...senang atau sukar..., hidup adalah untuk dinikmati...

Wednesday, May 30, 2012

ACEH 8 : Cut Nyak Din & Pantai Lhoknga

Selepas melewat muzium tsunami, kami berkesempatan melawat tapak rumah pahlawan aceh, Cut Nyak Din.. rumah ni merupakan rumah tradisional aceh..

Siapa Cut Nyak Din ni? boleh teruskan baca info kat bawah ni..

"Cut Nyak Din adalah pahlawan nasional, sang wanita baja dari tanah serambi Mekah, tokoh pejuang kemerdekaan yang berkiprah sebelum masa kebangkitan nasional. Namanya begitu populer sehingga sutradara Eros Djaroet pernah mengangkat kisah kehidupan (biografinya) dalam layar lebar. Cut Nyak Din lahir di Lampadang Provinsi Aceh tahun 1850 dan wafat dalam pengasingan di Sumedang Jawa Barat 6 November 1908. Cut Nyak Din menikah pada usia 12 tahun dengan Teuku Cik Ibrahim Lamnga. Namun pada suatu pertempuran di Gletarum,Juni 1878, sang suami Teuku Ibrahim gugur. Kemudian Cut Nyak Dien bersumpah hanya akan Menerima pinangan dari laki-laki yang bersedia membantu untuk menuntut balas kematian Teuku Ibrahim. 

Cut Nyak Din akhirnya menikah kembali dengan Teuku Umar tahun 1880 juga seorang pejuang Aceh yang sangat disegani Belanda. Sejak menikah dengan Teuku Umar, tekad perjuangan Cut Nyak Din makin besar. Ia berjuang bersama suaminya sejak tahun 1893 hingga Maret 1896. Dalam perjuangannya Teuku Umar berpura-pura bekerjasama dengan Belanda sebagai taktik untuk memperoleh senjata dan perlengkapan perang lainnya. Sementara itu Cut Nyak Din berjuang melawan Belanda di kampung halaman Teuku Umar. Teuku Umar akhirnya kembali lagi bergabung dengan para pejuang Aceh lainnya setelah berhasil mendapatkan peralatan perang dan taktiknya diketahui Belanda. Tanggal 11 Februari 1899 Teuku Umar gugur dalam pertempuran sengit di Meulaboh, namun Cut Nyak Din teus melawan Belanda dengan cara bergerilya. Ia tidak pernah mau berdamai dengan Belanda yang disebutnya ”kafir-kafir”. Perjuangannya yang berat dengan bergerilya keluar masuk hutan membuat kondisi pasukan dan kesehatannya mengkhawatikan. Cut Nyak Dien menderita sakit encok dan matanya menjadi rabun. Merasa kasihan dengan kondisi pimpinannya, para pengawal Cut Nyak Dien akhirnya membuat kesepakatan dengan Belanda bahwa Cut Nyak Dien boleh ditangkap dengan catatan diperlakukan secara terhormat danbukan sebagai penjahat perang. Setelah menjadi tawanan, Cut Nyak Dien masih sering didatangi para simpatisan dan orang-orang syang setia kepadanya. Belanda menjadi curiga sehingga Cut Nyak Dien diasingkan di Sumedang Jawa Barat tanggal 11 Desemeber 1905.

Cut Nyak dien akhirnya wafat di pengasingan. Ia tetap dikenang rakyat Indonesia sebagai pejuang yang berhati baja sekaligus ibu dari rakyat Aceh. Pemerintah RI menganugerahi gelar pahlawan kemerdekaan nasional berdasarkan SK Presiden RI No 106/1964."























di tepi kawasan rumah ni, ada gerai2 menjual produk makanan aceh..

pemandangan sewaktu menuju pantai lhoknga.. segar..

love this.. :)

jambatan asal sebelum tsunami

kebanyakan tempat ada tugu tsunami..

pantai lhoknga.. tempat org surf.. tapi kami sampai waktu tengahari, so belum ada org dok surfing lagi, selalunya waktu petang.. dan takde orang pun waktu kami sampai di situ.. kawasan ni pun teruk jugak dilanda tsunami..

cantik tapi berisiko...

7 comments:

atuk said...

Assalamualaikum Norh

saya tengah berangan2 nak ke sana....

Tukang Karut said...

cantik tapi risiko... so pi dalam malaysia je la...

h4ni3 said...

cantiknya gambo yg bawah skali tu!
Suka
tapi.. Errr.. Rasanya takkan pegi kot.. Hehe.. So tumpang experience kat sini jela :-)

ujang kutik said...

Orang Acheh pandai berniaga barangan runcit di Malaysia.

miloais milo said...

cantiknya rumah cut nyak tu!
dan gambo yg last jugak sangat2 cantik!

rosli said...

Norh,

Info yang sangat baik, gambar pemandangan pun sangat cantik

norh said...

*atuk

Waalaikumussalam atuk

Saya.mcm berangan nak ke pulau sabang, aceh tp 2 kali pikir mcm takut gak..


*tk

Mabul pun best kan...thn dpn kot..


*hani

Doakan saya berjaya abihkan episod terakhir ye...he he


* ujang

Org aceh sangat sopan waktu berjual beli..;)

*milo

Tak sangka kan, wisata alam di aceh cantik sekali...


*rosli

Pemandangan indah d sebalik cerita tsunami...